Image Hosted by ImageShack.us

Rabu, 10 Maret 2010

Pengertian E-Commerce

Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. Media elektronik yang dimaksud di dalam tulisan ini untuk sementara difokuskan pada media internet. Pasalnya, media internet saat ini merupakan media yang banyak sekali digunakan orang, dengan adanya perkembangan teknologi di masa mendatang, terbuka kemungkinan adanya penggunaan media jaringan lain selain internet dalam e-commerce. Jadi tidak hanya berfokus pada internet saja.

Beberapa pendapat dalam definisi e-commerce antara lain :

Kalakota dan Whinston mendefinisikan E-Commerce dari beberapa perspektif, yaitu :1) Perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman informasi, produk/jasa, atau pembayaran melalui jaringan telepon, atau jalur komunikasi lainnya.
2) Perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi bisnis dan work flow.
3) Perspektif pelayanan, E-Commerce adalah alat yang digunakan untuk mengurangi biaya dalam pemesanan dan pengiriman barang.
4) Perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeli produk serta informasi melalui internet dan jaringan jasa online lainnya.

Yuan Gao dalam Encyclopedia of Information Science and Technology (2005), menyatakan E-Commerce adalah penggunaan jaringan komputer untuk melakukan komunikasi bisnis dan transksaksi komersial.

Dalam website E-Commerce Net, E-Commerce didefinisikan sebagai kegiatan menjual barang dagangan dan/atau jasa melalui internet. Seluruh komponen yang terlibat dalam bisnis dapat diaplikasikan disini, seperti customer service, produk yang tersedia, cara pembayaran, jaminan atas produk yang dijual, cara promosi dan sebagainya.

Derek Slater pada tahun 1999 mendefinisikan e-commerce sebagai berikut: “Electronic commerce or e-commerce is a very broad term. E-commerce conducted between businesses differs from that carried out between a business and it consumers. For business to consumer e-commerce, the web has become the dominant pipeline. Think Amazon..com The company offers a lot of books for sale on it website. Consumer find what they like, type in their credit card number and unpack the books a few days later. Conducting individual stock trades, moving money from checking to saving or tracking an overnight package delivery via intenet.”
(Derek,Slater,1999,http://www.cio.com/archieve/enterprise/161599_curve.html)

Sumber 1 Sumber 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar